Ahli Matematika Paling Berjasa Sepanjang Masa

 Apa jadinya dunia tanpa ilmu matematika? Pasti, tidak akan semaju dan secanggih sekarang. Matematika digunakan di banyak bidang, seperti ilmu alam, teknik, kedokteran, keuangan, hingga ilmu sosial.

Dari sekian banyak ahli matematika di dunia, inilah yang paling berjasa dan berpengaruh. Penasaran? Kenali lebih dekat, yuk!

1. Pythagoras

Ahli matematika asal Yunani (570-495 SM) ini menciptakan zaman keemasan matematika berkat pengembangan logika numerik dan penemuan teorema geometri. Melansir laman Brain Pickings, ide-idenya memengaruhi ilmuwan dan filsuf lain, seperti Plato, Copernicus, Descartes, Newton, Einstein, dan Kepler.

Temuannya yang paling terkenal adalah teorema Pythagoras. Ini bisa digunakan di banyak bidang, seperti arsitektur, konstruksi, navigasi, pengukuran tanah, dan lainnya. Selain itu, Pythagoras juga memiliki pengaruh besar pada astronomi dan teori musik.

2. Archimedes

Archimedes (287-212 SM) adalah penemu, ahli matematika, dan astronom yang lahir di kota Syracuse, Sisilia. Ia adalah penemu Hukum Archimedes yang menjelaskan mengapa benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan daripada saat diangkat di darat. Ini berkat gaya angkat ke atas atau gaya apung.

Melansir dari situs resmi Texas A&M University (TAMU), Archimedes memberikan kontribusi besar dalam geometri. Metodenya mengantisipasi kalkulus integral 2.000 tahun sebelum Newton dan Leibniz.

Ia juga menciptakan 'sekrup Archimedes' yang berfungsi untuk mengalirkan air dari tempat yang rendah ke yang lebih tinggi. Temuannya menjawab kebutuhan petani dalam masyarakat pra-industri untuk mengairi tanah mereka, jelas laman Interesting Engineering.

Popular posts from this blog

Manusia Makhluk Sosial

Pengertian Dikotil dan Monokotil: Perbedaan dan Manfaatnya